Sosialisasi dan Launching SiProf Bangkep

Salakan - Acara Sosialisasi Pengembangan dan Pembinaan Kepegawaian dan Launching Sistem Layanan Informasi Profesionalitas PNS Banggai Kepulauan (Siprof Bangkep) bertempat di Aula Pertemuan Inspektorat Kabupaten Banggai Kepulauan pada hari Rabu, 13 November 2019. Dalam acara yang dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepualauan. Diharapkan dengan adanya acara ini Kasubag Kepegawiaan dapat lebih berperan aktif dalam pelayanan kepegawaian di lingkup OPD masing-masing dan memberikan pelayanan kepada ASN dalam OPDnya.

Acara sosialisasi ini di buka oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Pembinaan BKPSDM Banggai Kepulauan, Bapak Muhammad Rusdy Mangit, S.IP, M.AP., dalam sambutannya dan sekaligus dalam pemaparannya terkait Pengembangan dan Pembinaan Kepegawaian, beliau berpesan kepada semua tamu undangan yang hadir agar lebih berperan aktif dalam memberikan pelayanan kepada ASN dilingkup OPDnya, kedepannya juga diharapkan BKPSDM dalam pelayanannya dapat bersinergi dengan seluruh Kasubag Kepegawaian dalam memberikan pelayanan kepada ASN.

 

Acara sosialisasi ini juga sekaligus mengenalkan produk-produk layanan BKPSDM Banggai Kepulauan antara lain, Website Resmi BKPSDM Banggai Kepualauan, Sistem Informasi Pelayanan Kepegawaian (Silapeg), Sistem Informasi Layanan Profesionalitas PNS Bangkep (Siprof Bangkep) dan Sistem Informasi Monitoring Kinerja dan Anggaran BKPSDM Bangkep (Simojan). Diharapkan dengan kehadiran produk-produk tersebut dapat lebih mendekatkan pelayanan ke seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dalam kesempatan ini Website Resmi BKPSDM, SiProf Bangkep dan SiMojan dikenalkan oleh Bapak Joko Lesmono, A.Md.Kom. yang sekaligus sebagai pembuat/programmer SiProf dan SiMojan, dalam pemaparannya Website Resmi digunakan untuk memberiakn informasi awal segala pelayanan kepegawaian yang dilakukan oleh BKPSDM Bangkep baik dari awal pengangkatan sebagai CPNS sampai dengan Pensiun PNS. Diharapkan dengan kehadiran website resmi tersebut para ASN tidak perlu lagi datang ke BKPSDM hanya untuk mempertanyakan segala persyaratan dan alur pengurusan kepegawaiannya.

SiProf Bangkep juga dikenalkan oleh beliau (Joko Lesmono, A.Md.Kom. -red), dalam penjelasannya SiProf Bangkep digunakan untuk mengetahui seberapa besar index profesionalitas masing-masing PNS Bangkep. Siprof Bangkep menilai 4 (empat) dimensi/indikator yaitu, Kualifikasi, Kompetensi, Kinerja dan Disiplin. SiProf Bangkep lahir berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2018 dalam pasal 17, dan diteruskan dengan dikeluarkannya Peraturan Kepala BKN Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman Tata Cara dan Pelaksanaan Pengukuran Index Profesionalitas Aparatur Sipil Negara. Sebagai pencetus pembuatan SiProf Bangkep adalah Bapak Muhammad Rusdy Mangit, S.IP., M.AP., yang menjadi proyek perubahan dari Diklat Kepemimpinan Tk. III beliau. Untuk mengetahui Index Profesionalitas ASN Bangkep dapat mengikuti pada tautan berikut : http://siprofbangkep.bkpsdmbangkep.web.id.

Sedangkan SiMojan merupakan sistem yang hanya digunakan dalam lingkup BKPSDM Bangkep, sistem ini dibuat untuk mengetahui seberapa besar anggaran dan realisasi dari setiap item anggaran yang digunakan, diharapkan dengan sistem ini dapat lebih mengedepankan kinerja anggaran BKPSDM Bangkep. SiMojan sendiri merupakan Proyek Perubahan Ibu Marjam Mahmud Ibaad, S.H. sebagai Sekretaris sekaligus Plt. Kepala BKPSDM Bangkep dalam Diklat Kepemimpinan TK. III beliau.

Pada kesempatan lain dikenalkan juga SiLapeg yang dikenalkan langsung oleh Kepala Sub Bidang Data dan Informasi Bapak Irpan Koloit, S.E., dalam pemaparannya beliau berharap sistem ini dapat berguna bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan. Silapeg dibuat untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada ASN Bangkep, dan diharapkan juga Kasubag Kepegaiwaian dapat lebih berperan aktif untuk memberikan pelayanan kepada ASN dilingkup OPD masing-masing. Sampai berita ini diterbitkan Silapeg masih dalam proses pengaturan dalam hosting untuk dapat online.